Diberdayakan oleh Blogger.

Belajar buat LKS (Lembar Kerja Siswa)


Tahukah kamu apa itu Lembar Kerja Siswa? yah, saya pasti tahu hampir semuanya sudah paham apa itu LKS. Namun, ada beberapa perbedaan hal yang mendasar antara Lembar Kegiatan Siswa dengan Lembar Kerja Siswa.
Pertama, Lembar Kegiatan Siswa lebih bertujuan kepada pengulangan materi melalui soal-soal. Hal ini untuk mendrill siswa agar lebih paham. Sedangkan Lembar Kerja Siswa bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa lebih jauh dan dalam dengan tingkat berpikir tinggi, atau mampu mencapai C6. Dimana muatan atau isi dari Lembar Kerja Siswa lebih mengarah kepada pengalaman siswa melakukan kegiatan, ada tahapan-tahapan yang dilalui sehingga siswa benar-benar matang terhadap konsep dan materi yang diperlajari.
Kedua, Lembar Kegiatan Siswa lebih mirip bank soal, karena disana siswa hanya diminta mengerjakan soal-soal yang banyak, sedangkan Lembar Kerja Siswa lebih kepada prosedur kerja yang memiliki tahapn-tahapan.
Dari kedua alasan itu sudah dapat kita pahami bahwa saat ini banyak LKS yang beredar di sekolah-sekolah mulai tingkat SD sampai SMA sederajat hanya bermuatan Lembar Kegiatan Siswa berupa bank soal, sangat sedikit sekali berisi Lembar Kerja Siswa. Nah, untuk itulah kita sebagai guru harus mampu merancang Lembar Kerja Siswa sedemikian rupa dan semenarik mungkin agar siswa kita bisa mengikuti pelajaran yang kita berikan dengan nyaman dan senang.

Tidak ada komentar