Diberdayakan oleh Blogger.

Flash Blogging: Indonesia Kreatif 4 Tahun di Medan


Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB dipandu oleh saudari Sayu sebagai pembawa acara. Dibuka dengan sambutan ketua panitia oleh Ibu Farida Dewi Maharani, dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal seperti tujuan dari kegiatan ini adalah untuk sharing informasi satu sama lain. Di masa depan kita akan bersaing dengan mesin dan teknolgi bukan lagi hanya dengan manusia saja. sehingga Indonesia harus kreatif, sehingga pemuda harus berani untuk kreatif sebab Indonesia akan menghadap banyak tantangan maka tulang punggung Indonesia berada pada pemudanya. 
Indonesia merupakan negara yang paling tinggi gaya hidup sehingga menjadi negara yang konsumtif, maka hal itu jangan dibiarkan, Indonesia harus menjadi negara yang produktif. Terakhir yang paling penting adalan berkumpulnya pemuda di acara Flash Blogging ini harus membagikan ilmu yang diperoleh kepada semua orang yang tak datang. Dengan semangat dan tujuan Indonesia maju dan kratif.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan sambutan dan pandangan dari Bapak Andoko Darta, beliau saat ini menjabat sebagai Tenaga Ahli Kementrian Kemenkominfo RI. Tema yang beliau sampaikan tentang Indonesia Kreatif 4 Tahun, Beliau merupakan lulusan dari IPB Bogor dan sedang melanjutkan studi di Barkley University, USA. Sebelum memulai pembicaraannya beliau memberkan tantangan kepada peserta untuk menyanyikan lagu daerah Bungong Juempo. 
Setelah keseruan itu beliau memulai pembicaraan dengan kalimat Negara Indonesia Dalam Jebakan Batman alias Negara kita yang terus berkembang dan belum maju.
Contoh negara Korea yang dulu kehidupannya tak jauh berbeda dengan Indonesia kini menjadi negara maju dan menjadi idola. Apa yang dilakukan negara Korea? Presidennya mengirimkan banyak pemudanya untuk pergi ke Amerika, lalu mempelajari 2 hal yaitu Teknologi & Entertainment.
Sambungnya, dengan perbandingan Indonesia dulu dan sekarang seperti, dulu Indonesia ekspor minyak sekarang impor, hutan dulu banyak sekarang tinggal dikit namun kalau hanya mengingat itu semua Indonesia belum bisa menjadi negara maju. Pondasi negara maju harus dibangun. Paling tidak ada dua potensi negara Indonesia agar maju agar sehingga keluar dari jebakan batman. 
Potensi Indonesia Ekonomi Kreatif : 1. PARIWISATA 2. TEKNOLOGI.
Untuk yang mau maju para pemuda, mari majulah bersama Indonesia. Dengan syarat harus ada niat dan usaha.
Sejalan dengan ide Indonesia kreatif maka yang dilakukan pemerintah untuk anak mudanya agar maju, dilakukanlah penelitian kepada perilaku pemuda yang menghasilkan 6 perilaku pemuda.
1. Kreator: Kategori pemuda yang krator itu seperti pelaku Start Up, Musisi.
2. Peduli: Relawan, yang senang membantu orang lain.
3. Orang Biasa: Pekerja, fans.
4. Pahlawan: Atlet, Tim Sar.
5. Cendikiawan: yang suka nambah ilmu.
6. Eksplorer: pemuda yang hobinya jalan-jalan (traveler) dan pecinta alam.

Bapak Andoko juga menceritakan pengalamannya saat bergabung ke pemerintahan ini 4 tahun lalu, beliau kaget kalau 15% penduduk Indonesia tidak punya listrik. Dilanjutkan dengan target dan cita-cita pemerintah melalui Mentri ESDM akan merampungkan 99% penduduk akan mendapatkan listrik. 
Perkembangan Ekonomi Kreatif mencapai 17,43% dari total penduduk Indonesia yang berkecimpung di dunia Start Up. Untuk pemuda yang ingin berkecimpung di dunia cendikiawan pemerintah telah menambah anggran yang signifikan. Melalui berbagai beasiswa dalam dan luar negeri.
Di era pemerintahan sekarang atau zaman Bapak Jokowi pemuda yang berprestasi di bidang atlet sangat dihargai terbukti bagi mereka yang meraih medali emas akan langsung diangkat PNS di Kemenpora, serta bonus 20 juta tiap bulan untuk tunjangan hari tua.
Bagi kalian pemuda yang senang jalan-jalan atau pecinta alam pemerintah telah membangun inftastruktur agar destinasi wisata Indonesia mudah dijangkau. Tren Wonderful Indonesia saat ini telah unggul dari Truely Asia dari negara Malaysia. Hal ini berimbas pada meningkatnya devisa negara dengan pemasukan 202 Miliyar USD di tahun 2018.
Nah, bagi pemuda yang pekerja juga bisa maju dan sukses seban pemerintah telah banyak memberkan kemudahan untuk akses modal dan jalan usaha.
Sesi ini ditutup dengan TIPS UNTUK MAJU yang disarikan Bapak Andoko dari pengalamannya, cerita orang sukses dan refrensi lainnya. Paling tidak ada 3 hal yang harus dilakukan.
1. Kenali dirimu, kenali minatmu (Vasion)
Pemuda atau kita yang mau maju harus tahu dimana minat kita, bidang apa yang kita kuasai, lalu fokuslah dengan itu. 
2. Tetap Usaha Pada Minatmu
Mulailah sekarang juga, kalau sudah tahu apa yang harus dilakukan dan dibuat, sebab usia akan semakin bertambah. Orang lain akan terus bergerak dan berkreasi maka kita harus juga bergerak dan memulai dari hal yang sederhana.
3. Evaluasi Diri: Apa yang Perlu
    - Terus Dilakukan
    - Mulai
    - Dihentikan.
Lakukanlah evaluasi dari apa yang telah dilakukan baik perbulan, per tiga bulan atau tertentu. Sebab kita harus tahu dan paham mana yang harus terus dilakukan, harus segera dimulai dan harus dihentikan. Semuanya ini harus dipahami agar apa yang dilakukan semakin baik dan terus baik sehingga mencapai kesuksesan.
Sesi ini ditutup dengan kata bijak dengan kalau kamu mau sukses di bidang apa pun itu maka "Cintailah Indonesia" jangan pernah berhenti untuk mencintainya.

1 komentar: